Nilai dari Informasi Kompetitif dalam Meramalkan Penjualan Produk FMCG Eceran dan Permasalahan Pemilihan Variabel
Peramalan
penjualan pada tingkat UPC merupakan hal yang penting untuk penjual produk
eceran dalam mengatur inventori. Dalam paper ini, penulis mengusulkan
metode-metode yang lebih efektif dalam meramalkan penjualan produk UPC dengan menggabungkan informasi yang
kompetitif yaitu termasuk harga dan promosi. Dampak dari aktivitas pemasaran
yang kompetitif pada penjualan produk yang focus telah didokumentasikan secara
luas. Bagaimanapun, informasi yang kompetitif secara mengejutkan telah
diabaikan oleh penelitian sebelumnya dalam meramalkan penjualan UPC, hal ini
mungkin dikarenakan oleh masalah banyaknya jumlah variable penjelas. Oleh
karena itu, setiap kategori produk FMCG biasanya terdiri dari UPC dalam jumlah
yang besar dan akibatnya dikaitkan dengan sejumlah variable penjelas kompetitif
dalam jumlah yang besar. Dalam keadaan seperti itu, model time series dapat dengan mudah menjadi over-fitted dan kemudian menghasilkan hasil peramalan yang buruk. Metode
peramalan (forecasting) ini terdiri dari dua tahap. Pada tahap pertama, penulis
menyaring informasi yang kompetitif. Penulis mengidentifikasikan variabel yang
paling jelas relevan menggunakan metode pemilihan variabel, atau sebagai
kemungkinan lain, informasi di semua variabel menggunakan analisis faktor untuk
membangun sebagian kecil indeks difusi. Pada tahap kedua, penulis
menspesifikasikan model Autogressive
Distributed Lag (ADL) mengikuti
strategi pemodelan umum ke strategi pemodelan spesifik dengan variabel penjelas
kompetitif yang paling relevan dan indeks difusi yang dibangun. Penulis
membandingkan hasil peramalan dengan metode yang diusulkan dengan metode yang
digunakan dalam perindustrian saat ini dan dengan model ADL yang ditentukan
secara eksklusif dengan informasi harga dan promosi dari produk yang focus.
Hasil dari perbandingan tersebut menunjukkan bahwa metode yang diusulkan oleh
penulis menghasilkan perkiraan yang jauh lebih akurat di berbagai kategori
produk.
Sumber : https://pdfs.semanticscholar.org/75f1/0e55c684ecabcf12cc0b4070c9b8f3012497.pdf
Komentar
Posting Komentar