Meningkatkan Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) pada Industri Perhotelan dengan Menggunakan Teknik Data Mining

Terdapat sebuah fakta yang menyebutkan bahwa sebuah perusahaan yang sukses tidak hanya mementingkan pelanggan, tetapi meletakkan pelanggan pada pusat organisasi karena perubahan sikap pelanggan akan menentukan profitabilitas yang tidak terduga dan mungkin menjadi penyebab perencanaan pemasaran yang tidak efisien. Tujuan utama dari CRM adalah kemampuan untuk menangani interaksi pelanggan pada berbagai saluran dan fungsi, untuk membangun hubungan pelanggan yang loyal dan menguntungkan. Teknik Data Mining untuk mengeksplorasi dan menganalisis data pada kuantitas besar untuk menemukan pola dan aturan yang berarti – membantu bisnis-bisnis menyaring lapisan data yang tampaknya tidak terkait untuk hubungan yang berarti, dimana mereka dapat mengantisipasi, bukan sekedar bereaksi terhadap, kebutuhan pelanggan.
Teknologi data mining dapat menjadi sebuah metode yang bermanfaat untuk perusahaan perhotelan yang ingin memahami dan memprediksi perilaku tamu. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari datamining, hotel dapat membuat pengambilan keputusan  pemasaran dengan tepat – termasuk siapa yang seharusnya dihubungi, kepada siapa menawarkan insentif (atau tidak), serta jenis hubungan apa yang akan dibangun.

 Sumber : https://pdfs.semanticscholar.org/2d56/a7e8af00b51b221fcc0014860b124694a9a8.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Diriku :)

Usaha Kecil Menengah : Memanfaatkan e-Commerce Bisnis ke Bisnis untuk menuju Global (Mendunia)

Penilaian Penerapan Sistem ERP dalam Manajemen Operasional – Sebuah Studi Kasus pada Logistik Perusahaan Dagang di Thailand