Meningkatkan Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) pada Industri Perhotelan dengan Menggunakan Teknik Data Mining
Terdapat sebuah fakta yang menyebutkan bahwa sebuah
perusahaan yang sukses tidak hanya mementingkan pelanggan, tetapi meletakkan
pelanggan pada pusat organisasi karena perubahan sikap pelanggan akan
menentukan profitabilitas yang tidak terduga dan mungkin menjadi penyebab
perencanaan pemasaran yang tidak efisien. Tujuan utama dari CRM adalah kemampuan untuk menangani
interaksi pelanggan pada berbagai saluran dan fungsi, untuk membangun hubungan
pelanggan yang loyal dan menguntungkan. Teknik Data Mining untuk mengeksplorasi dan
menganalisis data pada kuantitas besar untuk menemukan pola dan aturan yang
berarti – membantu bisnis-bisnis menyaring lapisan data yang tampaknya tidak
terkait untuk hubungan yang berarti, dimana mereka dapat mengantisipasi, bukan
sekedar bereaksi terhadap, kebutuhan pelanggan.
Teknologi
data mining dapat menjadi sebuah metode yang bermanfaat untuk perusahaan
perhotelan yang ingin memahami dan memprediksi perilaku tamu. Berdasarkan
informasi yang diperoleh dari datamining, hotel dapat membuat pengambilan
keputusan pemasaran dengan tepat –
termasuk siapa yang seharusnya dihubungi, kepada siapa menawarkan insentif
(atau tidak), serta jenis hubungan apa yang akan dibangun.
Sumber : https://pdfs.semanticscholar.org/2d56/a7e8af00b51b221fcc0014860b124694a9a8.pdf
Komentar
Posting Komentar